vendredi 29 janvier 2021

MENYINGKAP MISTERI MAKAM MBAH KALBAKAL

(Mbah Kalbakal, Campurejo, Panceng, Gresik, Jawa Timur)

Ahmad Jauhari
 
ALKISAH, di zaman dulu kala ada orang sedang membajak sawah. Ketika sapi dan alat bajaknya berputar-putar mengelilingi area sawah, tiba-tiba sapinya terhenti.
 
Orang itu lalu melakukan pemeriksaan, apa gerangan yang menyebabkan sapinya berhenti mendadak? Betapa kagetnya ia, begitu mengetahui alat bajak itu tersangkut sebujur mayat dengan kondisi jasad masih utuh.
 
Cerita di atas saya peroleh langsung dari bapak saya. Menurut abah (demikian anak-anaknya memanggil beliau), hikayat tentang makam Mbah Kabakal itu beliau terima secara turun-temurun.
 
Saya lalu bertanya:
“Bah, Makam Mbah Kalbakal itu sebenarnya siapa?”
“Waktu abah masih kecil, sebagian masyarakat mengatakan beliau itu Sayyid.”
“Sayyid siapa?”
“Gak tahu. Pokoknya yang abah dengar, ya Sayyid gitu aja.”
 
Itulah sekelumit dialog saya dengan abah tentang Makam Mbah Kalbakal yang lokasinya persis di belakang Ponpes Tarbiyatul Wathon, Desa Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik.
 
Awalnya, masyarakat kami menyebutnya Mbah Cikal Bakal (artinya; pendiri desa). Mungkin untuk memudahkan pengucapan, warga desa akhirnya menjulukinya Mbah Kalbakal.
***
 
SEJAK saya masih bocah, makam ini sebenarnya sudah ada. Bahkan di masa orangtua, kakek, buyut saya kuburan ini sangat jelas keberadaanya. Bisa dikata, makam ini bukan baru ditemukan. Hanya saja tidak terawat dengan baik dan tak ada tanda-tanda orang berziarah.
 
Konon, dari warta yang saya peroleh dari beberapa rekan, sebetulnya ada segelintir warga yang pernah berziarah, tapi itu pun secara sembunyi-sembunyi. Hal itu bisa dimaklumi, karena stigma buruk yang cukup melekat di masyarakat terhadap makam ini sangat kental. Misalnya; orang ke makam ini biasanya mencari nomor perjudian, minta pesugihan, memohon pengasihan, dll.
 
Dalam ingatan masa kecil saya, makam ini tampak jelas dari ruas jalan ketika saya hendak menuju ke lapangan desa, entah itu untuk bermain bola atau melihat pertandingan sepak bola. Posisi makam berada di area tengah sawah. Sebelah utara makam, tampak ada gubuk bambu yang berfungsi sebagai tempat istirahat sang penjaga sawah.
 
Seiring bergeraknya zaman perladangan itu pelan-pelan mulai beralih fungsi menjadi perumahan warga. Umumnya dari desa sebelah yang kekurangan lahan. Rumah-rumah lalu muncul berderet dengan batas tembok yang sesak. Makam ini kemudian tak lagi terlihat dari jalan karena tertutup oleh hunian padat.
***
 
PADA Maret 2011, hasil rapat pengurus Yayasan Tarbiyatul Wathon Gresik menyepakati pembangun musala, yang akan dilanjutkan pembangunan pondok pesantren.
 
(Sekedar catatan: Awalnya, Tarbiyatul Wathon hanya berupa lembaga formal/madrasah; TK/PAUD, MI, MTs, MA, Diniyah. Pada tahun 2008, kepengurusan mengalami perubahan menjadi Yayasan Tarbiyatul Wathon Gresik. Sejak adanya yayasan itulah, tepatnya tahun 2014 berdiri pondok pesantren).
 
Nah, kebetulan tanah wakaf dari keluarga Almagfurlah H. Ro’yuddin (kakek saya) yang mau dibangun untuk musala pesantren itu letaknya ada di belakang madrasah. Karena berupa rawa, maka tanah seluas kisaran 40x60 meter itu tentu butuh diuruk terlebih dahulu dan urukan yang dibutuhkan tentu saja tak sedikit, kisaran 300 ritase truk.
 
Jika truk lewat dari pintu gerbang Tarbiytaul Wathon, jelas tidak mungkin, karena harus menjebol (mengorbankan) satu lokal kelas. Padahal jumlah lokal yang ada tak satupun yang tersisa. Kami pun akhirnya sepakat bahwa truk uruk akan melewati jalan menuju lapangan, melalui tanah kosong, kemudian lewati samping makam Mbah Kalbakal (yang hanya seorang diri dan tak ada makam yang lainnya).
 
Sebelum truk urukan didatangkan, saya survei lokasi terlebih dulu. Setelah itu menyempatkan diri duduk bersila di makam ini; mohon izin dan restu kepada pendiri desa. Itulah untuk kali pertama sejak saya lahir sampai dibesarkan di desa ini, berziarah ke makam Mbah Kalbakal, tepat di usia 33 tahun.
 
Makam Mbah Kalbakal, kala itu hanya dikelilingi bata putih berbentuk kotak persegi panjang seluas 2x4 meter, baik ukuran ataupun warnanya terlihat sudah sangat lama. Bata putih itu hanya ditumpuk begitu saja tanpa pengikat pasir dan semen.
 
Di dalam kotak itu, saya melihat beberapa batang kayu yang sudah lapuk dan genteng merah dijajar menyandar ditembok bata putih. Saya menduga, kayu dan genteng itu bekas cungkup yang sudah rapuh lalu akhirnya roboh.
 
Di samping kanan-kiri kotak makam terlihat berbagai jenis sampah berserakan dimana-mana. Mulai dari sampah rumah tangga, pecahan kaca, keramik, sampai-sampai ada pula -jenis dari kotoran- yang dibungkus plastik kresek. Sungguh memprihatinkan.
***
 
PEMBANGUNAN Musala Tarbiyatul Wathon berjalan 2 bulan, sudah mencapai pondasi dan tiang penyangga.
 
Tiba-tiba tersiar kabar, keluarga Mbah H. Dullah, pemilik lahan yang dipergunakan Mbah Kalbakal sebagai tempat peristirahatan terakhirnya, mewakafkan tanahnya pada pemerintahan desa (Lurah saat itu H. Aminuddin Aziz). Dengan harapan agar dibangun mushala bagi warga setempat. Pihak desa lalu menyerahkan pembangunan kepada masyarakat sekitar makam.
 
Karena pihak Yayasan Tarbiyatul Wathon sudah telebih dahulu membangun musala di timur makam, maka kami (pengurus yayasan dan warga sekitar) bersinergi membangun bersama-sama.
 
Bisa dimaklumi, karena antara makam Mbah Kalbakal dan musala Tarbiyatul Waton hanya berjarak 15 meter. Maka, kami membangun dua musala secara bersamaan. Yang satu untuk pondok, dan satunya lagi untuk masyarakat sekitar.
 
Tanggal 3 Juli 2011, mushala dan makam Mbah Kalbakal mulai dibangun. Beruntung, saat itu saya sudah memegang hp camera. Di hari pertama tukang memulai perkerjaannya, saya sempat mengabadikan kondisi awal makam sebelum direnovasi. Andai saja saya lupa memotretnya, bisa hilang prasasti lama yang sangat bersejarah tersebut.
 


Nah, sekitar seminggu pembangunan berlangsung, saya mengalami kejadian ganjil. Sewaktu memantau pekerjaan tukang, di telinga kanan terdengar ada suara orang sepuh berbisik lembut dan lirih; “Le, deresen maneh Qurane.” (Nak, Alquran-nya dibaca lagi).
 
Terus terang kaget, sebab tak ada seorang pun di sekitar saya. Sambil toleh-toleh dan bertanya-tanya dalam hati: suara siapakah gerangan yang mengingatkan saya tadi? Seumur hidup, baru kali ini mengalaminya.
 
Sekitar sepuluh menit setelah peristiwa aneh itu, saya lalu menjauh dari area makam menuju ke sisi selatan, tepatnya di tepi tambak yang terhampar cukup luas. Saya lalu duduk dan merenung seorang diri. Di situlah saya merasa banyak sekali amaliah yang kerap diajarkan oleh orangtua, guru, kiai di pondok dulu, telah lama saya tinggalkan, salah satunya adalah mendaras Alquran.
 
Jujur, saya baru tersadar; ternyata selama ini saya terlena dan hanya disibukkan oleh pekerjaan. Cari uang dan uang. Alhamdulillah, pasca kejadian janggal itu saya mulai berbenah diri. Pelan-pelan kembali mengaji Alquran. Minimal tiga surah yang termaktub dalam Majemuk Lathif; Surah Yasin, Waqiah, dan Al-Mulk.
***
 
KAMI bersyukur, pembangunan musala dan Makam Mbah Kalbakal berjalan lancar. Bahkan, pertengahan proses pembangunan, keluarga Mbah H. Dullah menambah satu kapling tanah persis di depan makam, yang dapat difungsikan sebagai tempat untuk para peziarah.
 
Dimulai Juni dan berakhir awal Desember 2011, pembangunan tiga fungsi dalam satu atap; musala, makam, dan tempat peziarah, dapat kami dirampungkan. Panitia merasakan banyak sekali kemudahan tak terduga selama pembangunan 6 bulan berjalan. Termasuk dari hamba-hamba Allah yang merelakan sebagian hartanya untuk dijariyahkan.
 
Pasca pembangunan, panitia melakukan rapat dan menghasilkan keputusan, akan menggelar acara haul, peresmian sekaligus peringatan 1 Muharrom pada 12 Desember 2011. Panitia juga sepakat akan mengundang H. Khusairi, ahli Seni Kentrung asal Solokuro, Lamongan.
 
Di wilayah Gresik dan Lamongan, nama H. Khusairi sangat masyhur sebagai pakar Seni Kentrung. Karena keahliannya itu, ia kerap diundang di desa-desa sekitar wilayah Pantura. Pria paruh baya yang konon masih bersambung nasabnya dengan Sunan Drajat itu, sangat piawai memainkan Seni Kentrung diiringi alat musik berupa tabuh timlung (kentheng), dan terbang besar (rebana).
 
Seni Kentrung sarat muatan ajaran kearifan lokal. Dalam pementasannya, seorang seniman kentrung menceritakan urutan pakem dengan rangkaian parikan dan menyelipkan candaan-candaan di tengah-tengah pakem, tapi tetap dengan parikan yang seolah dilantunkan di luar kepala.
 
Masih lekat di ingatan, dalam pementasan Seni Kentrung itu, H. Khusairi bercerita tentang banyak hal. Di antaranya; Syekh Subakir ke tanah Jawa membawa 1.000 ulama dari Timur Tengah. Karena saking ganasnya demit setan peripayangan (istilah jawanya: jalmo moro jalmo mati), ulama yang dibawa Syekh Subakir tersebut meninggal semua. Yang tersisa hanya sepuluh orang, dan salah satunya di makamkan di tempat ini. Selain itu, dia juga memaparkan bahwa semua wali songo pernah berziarah ke makam ini.
 
Ketika cerita-cerita di atas itu saya tanyakan kepadanya, kala bersilaturrahmi ke rumahnya, beliau hanya menjawab, “Saya tak faham. Seringkali ketika Seni Kentrung dimulai saya tak sadar dengan apa yang saya ceritakan.”
 
Namun, kata H. Khusairi, sehari sebelum menghadiri undangan, malam harinya ia biasanya melakukan riyadhoh terlebih dulu di rumah. Hal tersebut merupakan tahapan penting yang harus dijalani sebelum menggelar pertunjukan Seni Kentrung. Tata cara itu tak boleh diabaikan begitu saja, karena merupakan warisan leluhurnya sejak dari Sunan Drajat.
 


Malam itu (12/12/2011), perhelatan peresmian musala dan makam Mbah Kalbakal berlangsung cukup khidmat. Acara dipungkasi dengan doa oleh KH. Abu Bakar dari Jatirogo, Tuban. Ketika memimpin doa, suara lembut Kiai Abu Bakar begitu menusuk kalbu. Di tengah-tengah doa tak terasa mata saya berkaca-kaca.
***
 
PADA tahun 2013, panita mengadakan haul ke-2 sekaligus peringatan 1 Muharram. KH. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) yang diundang sebagai penceramah, berkenan hadir dan memberikan tausiyah. Pengasuh ponpes Bumi Sholawat, Sidoarjo, itu menyampaikan beberapa pencerahan yang cukup panjang lebar.
 
Namun, saat beliau mau menyebutkan nama asli siapa sesungguhnya yang ada makam ini, tiba-tiba mikrofon yang dipegang Gus Ali terjatuh. Setelah mengambil mikrofon dari lantai, beliau berkata; “Wes yo, gak tak terosno... jenenge Kalbakal iku wae. Sepurane, beliau gak berkenan disebut asmane,” (Ya udah tidak usah saya teruskan. Namanya Kalbakal itu aja. Mohon maaf, beliaunya tidak berkenan disebut namanya).
 
Acara pada Desember 2013 itu berlangsung dengan lancar dan menggembirakan. Lagi-lagi KH. Abu Bakar didaulat untuk memimpin doa. Setelah acara, para kiai dan tokoh masyarakat yang hadir berkumpul bersama di rumah Ibu Tutik Mahmudah untuk melaksanakan ramah-tamah.
***
 
SEJAK tahun 2014, KH. Abu Bakar adalah salah satu kiai yang kerap berziarah ke makam ini. Beliau tergolong kiai sepuh yang sudah malang-melintang di dunia persarkuban. Nama beliau sangat masyhur di kalangan pecinta makam (sarkub). Namanya juga termaktub dalam prasasti pengukuhan makam Maulana Ishak (ayah Sunan Giri) yang berada di Kemantren, Paciran, Lamongan.
 
Jika ke makam ini, Kiai Abu Bakar terkadang hanya berdua dengan santrinya atau supirnya. Sesekali bersama sahabatnya sesama kiai. Seingat saya, salah satu kiai yang pernah diajak oleh beliau adalah KH. Abdul Matin (Wakil Rois Syuriah PWNU Jatim, Ketua Umum MUI Tuban dan Pengasuh Ponpes Sunan Bejagung, Tuban).
 
Setiap kali Kiai Abu Bakar ke makam ini, hampir dapat dipastikan selalu mengabari saya. Beberapa kali kami menghabiskan malam bersama ditemani kopi dan gorengan. Tak jarang warga sekitar juga ikut bercengkrama. Biasanya, kami hanya menjadi pendengar setia ketika beliau menceritakan makam-makam auliya’ yang pernah diziarahinya.
 
Suatu malam, Kiai Abu Bakar bercerita, bahwa salah satu tugas terberat Mbah Kalbakal adalah menaklukkan bajak laut. Padahal bajak laut zaman dahulu kala terkenal sakti mandraguna. Atas kuasa Allah, Mbah Kalbakal berhasil menaklukan kebrangasan mereka. Konon, tak sedikit diantara bajak laut itu insaf kemudian menjadi santrinya.
 
Pada suatu malam yang lain, setelah riyadhah di makam ini, beliau bercerita tentang hasil riyadhahnya: “Selama hampir berpuluh-puluh tahun saya berpetualang dari makam satu ke makam lainnya, inilah makam yang saya cari-cari.” Makam ini, menurut Kiai Abu Bakar, memiliki nasab yang paling tinggi kepada Rasulullah SAW.”
***
 
ITULAH beberapa cerita yang bisa saya rangkum tentang sejarah pembangunan makam dan sedikit menyingkap siapa sejatinya Mbah Kalbakal. Penulisan ini wujud ikhtiar agar hikayat-hikayat yang saya ketahui tak semakin tercecer atau hilang di dalam ingatan.
 
Ya... karena lebih banyak mengandalkan ingatan, maka tak heran jika di sana-sini ada saja yang terlewatkan dan terlupakan. Bahkan, tak menutup kemungkinan banyak mengandung kelemahan.
 
Setahu saya, khusus mengenai sejarah mengenal makam-makam auliya, ada tiga sumber rujukan. Pertama, mitos dan tuturan lisan yang turun-temurun. Kedua, sejarah resmi yang tertulis berupa manuskrib atau babad sejarah peninggalan masa lalu. Ketiga, wahyu dalam arti petunjuk dari Allah Swt. Dalam hal ini, yang dimaksud di antaranya ilham yang diterima oleh orang-orang saleh. (Jika merujuk yang di atas, Makam Mbah Kalbakal semoga sudah memenuhi syarat).
***
 
TAK terasa, satu dasawarsa sudah pembukaan makam Mbah Kalbakal berlalu. Meski masih terkesan mesterius, tapi saya patut mengucapkan terima kasih atas kerawuhan tamu jauh yang sudah berkenan menziarahi makam ini.
 
Ada tamu dari Jogja, pengampu pondok Kaliopak: Kiai Muhammad Jadul Maula. Ada pula kiai nyentrik asal Guluk-Guluk, Sumenep, Madura: Kiai M Faizi.
 
Gus Sullamul Hadi Nurmawan (Sidoarjo), Gus Kholilul Rohman Ahmad (Magelang), Gus Buya Assoiy (Lamongan), Alhamdulillah juga pernah ke sini. Kawan-kawan IKASUKA Gresik: Nur Faizah, Andik Hidayat, Ali Rohman, D'timboel Fuad, dll, terima kasih sudah pernah singgah ke tempat ini.
 
Saudara-saudaraku di Iksass Rayon PANTURA; Keila Astaghitsa, Shohibul Hamad, Suminto Crk, Azmil Sukmo, W Mahmudah, OemZet Umu Zainab, dll, matur numan atas kerawuhannya. Monggo jika kita luang bersama-sama Rotibul Haddad-an di sini.
 
Akhir kalam, izinkan saya menceritakan salah satu pengalaman saya terkait dengan makam ini:
 
Sepulang dari ibadah haji 2012, sekitar dua minggu saya di rumah, kebetulan tamu pengunjung haji sudah mulai sepi. Kira-kira pukul 23.00 hasrat berziarah ke makam Mbah Kalbakal seakan tak terbendung.
 
Suara hati segera minta dituruti dan saya pun segera berangkat ke makam. Tak lupa membawa minyak wangi, yang khusus saya beli di Madinah Al-Munawwarah dengan niatan hendak ditabur di makam beliau. Setelah membaca Surah Yasin dan Tahlil, saya pun pulang karena rasa kantuk tak bisa ditahan lagi.
 
Sesampainya di rumah langsung tidur. Dalam tidur itu bermimpi; posisi saya di hotel Madinah, dimana saya menginap saat haji. Begitu keluar dari kamar, saya disambut sosok berjubah hijau, wajahnya dipenuhi cahaya. Saya tak mampu menatapnya, lalu masuk lagi ke dalam kamar hotel. Kemudian saya pun terbangun, dan tak bisa tidur lagi...
 
Wallahu a’lam bish-shawabi.
 

Kisah Mbah Kalbakal, Campurejo, Panceng, Gresik (yang berbaju biru penulisnya)

***

Aucun commentaire:

Publier un commentaire

A. Anzieb A. Muttaqin A. Syauqi Sumbawi A.P. Edi Atmaja A.S. Laksana Abdurrahman Wahid Acep Zamzam Noor Adhie M Massardi Adin Adrizas Afrilia Afrizal Malna Afrizal Qosim Aguk Irawan MN Agus B. Harianto Agus Himawan Agus Noor Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sulton Agus Sunyoto Ahmad Faishal Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Jauhari Ahmadun Yosi Herfanda Aik R Hakim Akhmad Sekhu Akhudiat Akmal Nasery Basral Albert Camus Alex R. Nainggolan Amanche Franck Amien Kamil Aming Aminoedhin Ana Mustamin Andra Nur Oktaviani Andrenaline Katarsis Anindita S. Thayf Anjrah Lelono Broto Annisa Febiola Anton Wahyudi Aprinus Salam Arafat Nur Arie MP Tamba Arif Yulianto Arifi Saiman Arswendo Atmowiloto Arung Wardhana Ellhafifie Aryo Bhawono AS Dharta Asarpin Atok Witono Awalludin GD Mualif Ayesha B Kunto Wibisono Badaruddin Amir Balada Bambang Bujono Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Bantar Sastra Bengawan Beni Setia Beno Siang Pamungkas Berita Berita Duka Berita Foto Bernadette Aderi Bernando J. Sujibto Binhad Nurrohmat Boy Mihaballo Budaya Budi Darma Bustan Basir Maras Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar D. Zawawi Imron Daisy Priyanti Dareen Tatour Daru Pamungkas Dedy Tri Riyadi Deni Jazuli Denny JA Denny Mizhar Dessy Wahyuni Dharmadi Dhenok Kristianti Dian Sukarno Didin Tulus Dina Oktaviani Djoko Pitono Djoko Saryono Doddi Ahmad Fauji Dwi Fitria Dwi Klik Santosa E. M. Cioran Ebiet G. Ade Eddi Koben Edi AH Iyubenu Edy A Effendi Eka Budianta Eka Kurniawan Eko Permadi Eko Prasetyo Enda Menzies Ernest Hemingway Erwin Setia Esai Evan Gunanzar F. Rahardi Fadllu Ainul Izzi Fahrudin Nasrulloh Faidil Akbar Fairuzul Mumtaz Fajar Alayubi Farah Noersativa Faris Al Faisal Fatah Yasin Noor Fathoni Mahsun Fathurrozak Fauz Noor Fauzi Sukri Fazar Muhardi Feby Indirani Felix K. Nesi Franz Kafka FX Rudy Gunawan Gesang Gola Gong Grathia Pitaloka Gunawan Budi Susanto Guntur Budiawan Gus Noy Gusti Eka H.B. Jassin Hamka Hari Purwiati Haris del Hakim Hartono Harimurti Hasan Gauk Hasnan Bachtiar Henriette Marianne Katoppo Herry Lamongan HM. Nasruddin Anshoriy Ch Holy Adib Hudan Hidayat Humam S. Chudori I Nyoman Darma Putra Ida Fitri Idrus Ignas Kleden Ilung S. Enha Imam Muhayat Imam Muhtarom Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Indonesia O’Galelano Indra Tjahyadi Indria Pamuhapsari Irwan Apriansyah Segara Isbedy Stiawan Z.S. Iskandar Zulkarnain J Anto Jadid Al Farisy Jakob Oetama Jalaluddin Rakhmat Jamal T. Suryanata James Joyce Januardi Husin Jemi Batin Tikal Jo Batara Surya Johan Fabricius John H. McGlynn John Halmahera Jordaidan Rizsyah Juan Kromen Judyane Koz Junaidi Khab Jurnal Kebudayaan The Sandour Jusuf AN K.H. M. Najib Muhammad Kadjie Mudzakir Kahfie Nazaruddin Kamran Dikarma Kedung Darma Romansha KH. Ahmad Musthofa Bisri Khansa Arifah Adila Khoirul Anam Khulda Rahmatia Kiki Sulistyo Komunitas Sastra Mangkubumen Komunitas-komunitas Teater di Lamongan Kurniawan Kurniawan Junaedhie Kuswaidi Syafi’ie Lagu Laksmi Shitaresmi Latief S. Nugraha Leila S. Chudori Lely Yuana Leo Tolstoy Linda Christanty Linda Sarmili Lutfi Mardiansyah M Zaid Wahyudi M. Adnan Amal M’Shoe Maghfur Munif Mahamuda Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Maman S. Mahayana Maratushsholihah Mardi Luhung Marhalim Zaini Maria Magdalena Bhoernomo Mariana Amiruddin Mario F. Lawi Maroeli Simbolon Martin Aleida Mashdar Zainal Mashuri Mbah Kalbakal Melani Budianta Mochtar Lubis Moh. Dzunnurrain Mohammad Bakir Mohammad Kasim Mohammad Tabrani Muhammad Ali Muhammad Idrus Djoge Muhammad Muhibbuddin Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Muhidin M. Dahlan Mukhsin Amar Mulyo Sunyoto Munawir Aziz Musafir Isfanhari Mustain Myra Sidharta N. Syamsuddin CH. Haesy Naim Nanda Alifya Rahmah Nara Ahirullah Naskah Teater Naufal Ridhwan Aly Nawangsari Nezar Patria Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nirwan Ahmad Arsuka Nirwan Dewanto Nur Wahida Idris Nurel Javissyarqi Observasi Ocehan Pameran Lukisan Panggung Teater Pentigraf Performance Art Pondok Pesantren Al-Madienah Pramoedya Ananta Toer Pramono Pringgo HR Prosa Pudyo Saptono Puisi Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Puthut EA Putu Wijaya R. Toto Sugiharto Raedu Basha Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Rama Prambudhi Dikimara Ratih Kumala Raudal Tanjung Banua Reiny Dwinanda Reko Alum Remy Sylado Resensi Reza Aulia Fahmi Ribut Wijoto Rikardo Padlika Gumelar Riki Dhamparan Putra Risang Anom Pujayanto Riska Nur Fitriyani Rofiqi Hasan Rokhim Sarkadek Roland Barthes Rony Agustinus Rosdiansyah Rozi Kembara Rx King Motor S Yoga S. Arimba S. Jai Sabda Armandio Sabine Mueller Sabine Müller Sabrank Suparno Saiful Amin Ghofur Sajak Samir Amin Samsudin Adlawi Samsul Anam Sapardi Djoko Damono Sasti Gotama Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Selendang Sulaiman Seno Gumira Ajidarma Shinta Maharani Sholihul Huda Sidik Nugroho Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Sofyan RH. Zaid Sohifur Ridho’i Soni Farid Maulana Sosiawan Leak Sri Pudyastuti Baumeister Sugito Ha Es Sumani Sumargono SN Sunan Bonang Sunaryono Basuki Ks Sunlie Thomas Alexander Suripno Suryanto Sastroatmodjo Susianna Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Sutrisno Budiharto Sutrisno Buyil Syarif Hidayat Santoso T Agus Khaidir T.N Angkasa T.S. Eliot Tatan Daniel Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater ESKA Teater Pendopo nDalem Mangkubumen Teater Tawon Tedy Kartyadi Teguh Winarsho AS Teks Lagu Keroncong Bengawan Solo Tirto Suwondo Tito Sianipar Tiya Hapitiawati Tjahjono Widijanto Tjoet Nyak Dhien Toeti Heraty Toto Sudarto Bachtiar Tujuh Bukit Kapur Udin Badruddin Umbu Landu Paranggi Undri Uwell's King Shop Uwell's Setiawan Vitalia Tata W Haryanto W.S. Rendra Wahyu Hidayat Wahyudi Akmaliah Muhammad Wawan Eko Yulianto Wawancara Wayan Jengki Sunarta Welly Kuswanto Wulansary Yasunari Kawabata Yeni Mulyani Yetti A. KA Yohanes Sehandi Yonathan Rahardjo Yudha Kristiawan Yudhistira ANM Massardi Yukio Mishima Yusri Fajar Zakky Zulhazmi Zawawi Se Zehan Zareez Zuhdi Swt Zuhkhriyan Zakaria